Friday, September 8, 2017

Pengertian NetBeans | Arsip Kuliah

Menurut dari Mbah Wikimedia yaitu NetBeans adalah suatu serambi pengembangan perangkat lunak yang dituliskan dalam bahasa pemrograman Java. Serambi NetBeans pun memerkenankan suatu pengembangan aplikasi dilakukan dengan dimulai dari sesetel pembentukan kesatuan perangkat lunak modular yang dinamai modules.


Semula, aplikasi NetBeans IDE ini diperuntukkan demi suatu pengembangan dalam Java. Namun, aplikasi ini juga mendukung program-program pembuatan bahasa lain secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5.

NetBeans adalah lintas platform serta penerapannya dijalankan pada Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, Solaris dan serambi-serambi lain yang mendukung suatu JVM yang sepadan.

Netbeans IDE adalah sebuah produk bebas dengan tanpa batasan bagaimana digunakan. Tersedia juga NetBeans Platform sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat kakas dan solusi sendiri. Kedua produk adalah kode terbuka (open source) dan bebas (free) untuk penggunaan komersial dan non komersial. Kode sumber tersedia untuk guna ulang dengan lisensi Common Development and Distribution License (CDDL). 
Kelebihan dan Kekurangan Netbeans Kelebihan NetBeans GUI Builder 

Kelebihan 

kelebihan NetBeans GUI Builder adalah yang telah disebutkan diatas, yaitu GRATIS. Selain itu NetBeans GUI Builder sangat kompetebel dengan Swing karena memang langsung dikembangkan oleh Sun yang notabenenya sebagai pengembang Swing. 

Kekurangan

Kekurangan NetBeans GUI Builder : NetBeans hanya mensupport 1 pengembangan Java GUI, yaitu Swing, yang padahal ada Java GUI yang dikembangkan oleh eclipse yang bernama SWT dan JFace yang sudah cukup populer. NetBeans mempatenkan source untuk Java GUI yang sedang dikerjakan dalam sebuah Generated Code, sehingga programmer tak dapat mengeditnya secara manual.

Sejarah Netbeans

Awal kemunculan aplikasi NetBeans telah ada sejak tahun 1997 yaitu sebagai sebuah proyek mahasiswa. Pada tahun tersebut, suatu perusahaan dibangun oleh Roman Staněk di sekitar proyek mahasiswa tersebut lalu perusahaan tersebut memulai memproduksi terbitan-terbitan NetBeans IDE yang bersifat perdagangan hingga akhirnya dibeli oleh Sun Microsystems di tahun 1999 lalu menjadikan NetBeans IDE sebagai serambi bersifat sumber terbuka pada bulan Juni 1999.[4]

  1. https://netbeans.org/community/releases/roadmap.html
  2. NetBeans IDE Dual License Header and License Notice. Netbeans.org (1989-04-01). Keterangan diperoleh pada 18 Juli 2013.
  3. HTML5 Web Development Support
  4. "A Brief History of NetBeans (Asal Usul Singkat NetBeans)". Netbeans.org. Diakses tanggal 17 Mei 2008.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/NetBeans
Load disqus comments

0 comments